Minggu, 22 Mei 2011

Modifikasi Pulsar Serigala Bunglon


Jika anda pemilik motor sport, modifikasi adalah menu. Hampir-hampir tak terelakkan. Apalagi jika anda terlibat dalam komunitas roda dua tertentu. Entah klub, forum, hingga komunitas motor di kantor atau domisili sekalipun. Kebutuhan untuk tampil gaya hingga fungsi sebagai petugas dalam konvoi bisa menyeret anda ke bengkel modifikasi.
Pulsar adalah motor yang saat ini jadi buah bibir di mana-mana, untuk itu penting dibedah kemungkinan modifikasinya. Kita akan menggunakan 3 kategori yang bisa dijadikan bahan diskusi. Pertama body, kedua kaki-kaki dan ketiga mesin.

Body
Harus diakui ini sektor pertama yang sangat krusial. Cinta pada pandangan pertama kata orang. Sekali lirik anda bisa kecantol. Tinggal lanjut di belakang setelah itu.
Pulsar? Motor ini lahir gagah. Kegagahan Pulsar ditunjang banyak aspek. Mulai dari body yang terlihat kekar dan gambot. Tangki besar, sok double pakai gas, dan lampu belakang model baru yang terkesan sporty. Tak kalah hebatnya, pamor lampu yang luar biasa. Karena memang lampu memcerminkan karakter sebuah motor. Head lamp motor ini bergaya wolfeyes. Tudung winshilednya pun lumayan besar dan berseni. Dari depan tampak motor sangat besar, meskipun anda berjarak 100-200 meter di depannya.
Kalaupun ada yang kurang hanyalah deltabox. Tapi itu bukan masalah besar bagi mereka yang menginginkan gaya steetfighter. Motor ini didesain sport turing yang tidak butuh deltabox layaknya motor sportbike yang tulen. Kalaupun ada yang perlu ditambahkan hanyalah mud guard variasi, namun juga tidak wajib. Model dan bentuk mesin yang lumayan besar bersama-sama kelir hitam dan montase mesin yang cocok di bawah tangki sudah cukup. Mud guard variasi alias tudung mesin hanyalah untuk menyempurnakan.

Modif Tangki
Modif Tangki Spek:
Tangki tidak dibiarkan standar, ditutup dengan rapi oleh adonan fiber yang selanjutnya disapu dengan cat bunglon yang jamak dipakai pada kendaraan custom roda empat. Gradasinya dari emas ke ungu. Warnanya akan keemasan bila terkena sinar atau cahaya matahari. Bila di tempat gelap akan beralih menjadi ungu. Sebenarnya sudah cukup tren di tahun 2000an di Surabaya, namun kini mulai hadir kembali. Yang terkena polesan mulai dari tudung lampu si serigala berbulu bunglon, kemudian tangki, sepatbor depan, dan panel belakang. Rupanya sang pemodif, begitu terinspirasi akan BMW. Buktinya aero fin varian Z3 Hamman ditanamkan.
*Untuk sektor tangki kelebihan tangki Pulsar adalah ukuran dan modelnya. Besar dan berpunuk.
  Tinggi di bagian yang bersentuhan dengan jok sehingga tampak sporty dengan aroma fighter.
  Untuk sektor belakang bisa saja dibiarkan apa adanya. Buntut Pulsar sudah cukup runcing.
  Penggunaan model lampu rem belakang pun sudah memadai untuk gaya sport.
  Namun jika ingin lebih ekstrim, keduanya bisa ganti model buntut yang lebih runcing.
  Sekaligus pasang jok model susun (Ket: P180 Belum tapi P200 sudah). Pasti jauh lebih greng!!!

Kaki-Kaki
Pulsar tampil dengan kaki-kaki yang didesain bagus. Anda disuguhi sok depan yang memiliki dua pemanis dan fungsional. Pertama, pabrikan sudah melengkapi karet anti debu (buat P180), benar-benar mengimbangi tudung lampung yang besar. Juga pada bagian paling atas as sok depan disepuh kelir hitam untuk menyamarkan posisinya dibawah headlamp sekaligus mempermanis.
Bagaimana dengan belakang? Ada sok bertabung gas. Model ini sangat sporty untuk ukuran motor sport turing. Banyak diaplikasi moge bertipe ini. Dari sisi fungsi turing, tentu jauh lebih reliable. Kalaupun ada kekurangan, juga pada sisi cakram. Mungkin karena motor sport turing di bawah 250cc, jadi cakram dianggap tak terlalu siginifikan. Tapi jika anda serius melakukan modifikasi, model tromol tetap saja harus diganti.

Rear Disc & Exhaust
Rear Disc & Exhaust Spek:
Berlanjut ke belakang. Ciri khas Pulsar, suspensi ganda dengan gas nitrogen dilengserkan oleh suspensi monosok milik Jupiter MX dengan lengan ayun buatan sendiri. Cakram depan berganti posisi ke belakang dengan mengandalkan kaliper buatan Brembo. Pelindung rantai memanfaatkan barang after market yang lagi-lagi milik Jupiter MX. Velg masih standar namun kini dibalut karet bundar Bridgestone Battlax. Untuk yang depan menggunakan tipe BT39F SS, 110/70 – 17 sedangkan bagian belakang BT39R SS, 120/80 – 17. Sebagai penggerak roda, tidak main-main. Dipergunakan rantai keemasan 428 mata buatan Daytona. Seperti yang diketahui, produk variasi Daytona bertebaran di Surabaya .
Untuk velg, tampaknya Pulsar lebih baik. Velg depan belakang lebih lebar. Bahkan tampak lebih lebar dari milik Tiger Revo. Juga penggunaan palang 6 bersama ukuran 17 inchi yang sudah pasti menambah kesan enteng dan cepat.

*Terakhir, jika anda penggemar tampilan modern, Motor Pulsar anda harus ganti sok depan.
  Bagaimanapun upside-down akan tampak lebih gagah dan gaya.
  Apalagi teknologi sok semacam ini sangat tangguh untuk melibas tikungan dan mengerem dengan kecepatan tinggi.

Ban & Shock Depan
Ban & Shock Depan Spek:
Modif diawali dengan memperbaiki kaki-kaki. Suspensi teleskopik diganti dengan upside down yang sejatinya diperuntukan untuk supermoto. Kemudian cakram depan digeser dengan cakram dengan label PSM yang aslinya peruntukan Honda Tiger 2000
*Tinggal cari model yang pas, ukuran yang proporsional, dan kondisi yang masih bagus.
  Pasanglah di bengkel yang berpengalaman, dan semuanya beres.

Mesin
Modifikasi body dan kaki-kaki mau tak mau akan menambah bobot. Untuk urusan ini mesin akan beroleh beban lebih. Karena itu anda bisa melakukan sedikit modifikasi mesin alias korek harian (kohar).
Korek harian bukan perkara mudah. Untuk urusan mesin anda harus berbesar hati pada Pulsar karena anda punya ruang bermain lebih besar. Anda bisa mensetting ulang karbu, melakukan pembesaran silinder (bore up dan overbore) dan memperbaiki efisiensi volumetrik, hingga menggunakan suplai pengapian lebih. Apalagi penggunaan dua buah busi ikut menambah dimensi piranti yang bisa diutak-atik. Tidak heran jika saat ini sudah ada Pulsar yang bore up hingga 335cc, hampir dua kali lipat volume mesin sebelumnya (dahsyat bos..!)

Kesimpulan
Pulsar memiliki banyak keunggulan. Mesin badak dan mampu dibore up maksimal. Itu jika anda belum puas juga dengan bawaan yang sebenarnya sudah greng. Model pun tak kalah bagusnya, terutama untuk modifikasi gaya streefighter.

Mantap bro..!
Mantap bro..!
Bro Eric Caprin memoles Bajaj Pulsar milik Erry Nurachman dengan apiknya. Tak kalah dengan hasil modif macam Budi ‘Big’ Rachmanto, ataupun Aming Aliwarga. Inilah modif yang sama sekali tidak kebanting dengan bodi, mengedepankan sisi proporsional. Body oke, laju? Tetap, tanpa harus merasa keberatan body.
*Lagi pula kaki-kaki yang sudah besar sejak lahir. Tinggal ganti ban yang lebih gambot atau perangkat lain.
  Kini anda bisa menikmatinya dengan penuh percaya diri.

Jangan lupa safety bro !!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar